MEMBUKA USAHA KONSULTAN PROPERTI, MENGAPA TIDAK?

MEMBUKA USAHA KONSULTAN PROPERTI, MENGAPA TIDAK?


Agen Jual Beli dan Bisnis Properti
Perkembangan bisnis jasa sangat mengutamakan peranan Sumber Daya Manusia yang punya pengalaman di bidangnya dan juga peranan SOP atau Standard Operating Procedure.
Pertumbuhan sektor jasa di dalam negeri masih relatif kecil sekitar 5% dan masih jauh di bawah pertumbuhan sektor transportasi yang mencapai 13% atau perdagangan 9%. Sehingga potensinya untuk terus dikembangkan cukup besar. Apalagi dalam perkembangan global saat ini negara-negara di kawasan regional justru menjadikan sektor jasa sebagai pendorong pembangunan perekonomian. Misalnya perekonomian Malaysia, Singapura dan Thailand, secara struktural kini mulai bertumpu di sektor jasa. Bagi Indonesia, sektor jasa dapat menjadi pendorong perekonomian daerah.

Perkembangan bisnis yang sangat mengutamakan peranan Sumber Daya Manusia yang punya pengalaman di bidangnya dan juga peranan SOP atau Standard Operating Procedure. Dan bisnis jasa ini tidak mengandalkan alat sebagai investasi utama karena peranan alat hanyalah sebagai penunjang. Seperti misalnya bidang jasa konsultasi untuk pembangunan suatu gedung. Bisnis konsultasi itu menjual orang yang dibayar berdasarkan billing rate, dengan acuan berdasarkan persentase dari harga bangunan. Sepeti arsitektur misalnya, untuk desain interior persentasenya 2-5 %-nya. Kalau di bidang pengawasan dan manajemen konstruksi besarnya 3-6 %, karena yang dikerahkan adalah keahlian.

Seorang service konsultan misalnya, peralatan yang dipakai hanya satu buah komputer, tetapi perannya untuk mengawasi pekerjaan kontraktor tergantung pengalamannya di bidang itu sehingga ia dibayar berdasarkan pengalamannya. Di bidang desain juga berdasarkan persentase, orang, dan bahan produksi yang dihabiskan seperti kertas, tinta, komputer, dan masa penyusutannya, sedangkan untuk jasa cleaning service dihitung berdasarkan luas area pengerjaan.

SOP akan membedakan perusahaan jasa satu dengan yang lain, seperti di manajemen konstruksi itu ada format-format yang menentukan sekali dari awal proyek sampai penyerahan lahan, sampai bangunan selesai, dan diserahterimakan. 

Tugas konsultan properti untuk pengembang atau developer terdiri dari:
1. Perencanaan,
2. Promosi,
3. Sistem Pencatatan Keuangan,
4. Sistem Operasional,
5. Training dan Penyediaan Sumber Daya Manusia.
Lima hal tersebut adalah kewajiban si konsultan. Konsultan properti akan mewujudkan cita-cita klien menjadi pengembang properti. Karena mereka akan memberikan pendampingan sampai dengan klien bisa mandiri.

Reward yang diberikan kepada konsultan properti adalah :
1)  Biaya Manajemen,
2)  Biaya Operasional,
3)  Bagi Hasil.

Peluang lain usaha konsultan properti adalah dengan memberikan seminar, membuat pelatihan (workshop) tentang properti (real estate), mulai dari Aspek Bisnis, Hukum dan erijinan, Manejemen, Marketing sampai dengan pelatihan teknis bagi pengusaha properti sesuai keahlian sumber daya manusia dibidangnya masing-masing, seperti bidang Teknik Sipil dan Arsitektur, bidang Teknik Lingkungan dan HSE (K3), bidang Hukum, bidang Akuntansi, Bidang Marketing dan bidang lainnya.

0 Response to "MEMBUKA USAHA KONSULTAN PROPERTI, MENGAPA TIDAK?"

Posting Komentar

Entri Populer

Agen Jual Beli Properti Online Agen Jual Beli Properti Online Sukses al islam Aluminium foil analisa Apa saja kegunaan lem beton? appartement Artikel artikel property atap rangka baja Bandung tengah bandung timur Bandung Utara Bisnis Bisnis Apartemen bisnis developer Bisnis Properti Kos Bisnis Properti Online Bisnis Properti Online Sukses Bisnis Rumah Kos Bisnis Sangat Menjanjikan bubble foil cafe Cara pemasangan bata ringan mudah cat pelapis anti bocor catatan dago dago resort Dijual Condominium Hotel Event foil foil karung gateway gedebage Guest House harga bata ringan scg harga bubble foil atap harga woven foil atap Hikmah Humor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Info Properti Investasi Apartemen Investasi Kondotel Investasi Properti Investasi Properti Jakarta investasi property Investasi Rumah Investasi Tanah jasa pengecatan rumah gedung Jenis genteng yang perlu anda ketahui Jenis-jenis kayu untuk konstruksi bangunan Jual Properti Jual Rumah Jual Tanah Kavling Kelebihan bata ringan SCG - http://ptmoncrete.blogspot.co.id/ Kelebihan genteng bitumen. waterproofing kost Lahan perumahan latar belakang lem beton monglu makalah manajemen Mengenal lebih dekat jenis keramik untuk lantai dan bangunan monplas acian News Online Other otomotif pembahasan Penawaran Cheria Hotel Cimone City pengambilan keputusan perbankan pusat kota renungan resto review risiko rumah di bandung rumah makan RUMAH TINGGAL Seputar Bandung skripsi soekarno hatta Strategi Properti summarecon Testimoni THE SUITES thr juanda Tips Investasi Tips Property Tokoh turangga waterproof berkualitas waterproofing woven foil